Video Video

Hot! Motivation with Positive Psychology

Pelatihan Psikologi yang diselengarakan oleh Mahasiswa/i Psikologi Angkatan 2009, tanggal 19 Mei 2012, di ruang Niaga, Lantai 2, Universitas Al Azhar Indonesia, salah satunya adalah Motivation with Positive Psychology.

Acara ini bertujuan untuk merubah mindset para peserta pelatihan untuk berfikir positif dalam meraih tujuan (goals) dan lebih termotivasi dalam mencapai tujuannya tersebut. Selain itu untuk menambah pengetahuan peserta dalam bidang psikologi positif terutama bagaimana cara dan menerapkan pikiran positif dan motivasi. Menambah kualitas dan produktivas peserta pelatihan dalam menjalani hidup yang lebih bermakna, dan menerapkan motivasi dan psikologi positif dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

Psikologi Positif adalah studi ilmiah tentang kekuatan dan kebajikan yang memungkinkan individu-individu dan komunitas untuk berkembang.

Menurut Martin E.P. Seligman, Ph.D, (Profesor Psikologi di Dep. Psikologi University of Pennsylvania, Psikologi Positif memeiliki 3 pusat perhatian:
1. Emosi Positif: memerlukan studi kepuasaan dengan masa lalu, kebhagian di masa kini, dan harapan untuk
masa depan.
2. Memahami sifat-sifat individu positif terdiri dari studi tentang kekuatan dan kebajikan, seperti
cinta dan kapasitas untuk bekerja, keberanian, belas kasih, ketahanan, kreativitas, keingintahuan,
integritas, pengetahuan diri, moderasi, pengendalian diri, dan kebijaksanaan.
3. Memahami lembaga positif: memerlukan studi mengenai kekuatan yang mendorong masyarakat lebih baik,
seperti keadilan, tanggung jawab, kesopanan, pengasuhan, pemeliharaan, etos kerja, kepemimpinan,
kerja tim, tujuan dan toleransi.

Acara ini berkat kerja keras panitia mahasiswa/i psikologi yaitu : Adriantama, Friska, Hapsari, Putri Devis, Ulfah, Arien, Dya Adys, Ningtyas, Mahades, Muthia, Yessy Apriantriarta, Dian Nursukma.

Dan dibimbing oleh: Andri Hadiansyah, M.Psi