Memasuki era globalisasi dan informasi, bangsa Indonesia dituntut  mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam era tersebut, pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi suatu keharusan karena dapat menentukan kemampuan suatu bangsa untuk menang dalam persaingan. Keterkaitan global antar bangsa pada masa itu, juga menempatkan bahasa asing pada posisi yang sangat strategis.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menerima semua etnis, suku bangsa, dan agama, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mempunyai visi menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di wilayah ASEAN pada tahun 2015. Untuk mencapai visi dan menjawab tantangan era globalisasi, pengusaan bahasa asing bagi seluruh Civitas Akademika, termasuk tentunya mahasiswa UAI bukan lagi suatu keharusan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Untuk membangun sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dalam penguasaan bahasa asing, Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI melalui kurikulum yang kompetitif dan mutakhir, memberikan kesempatan kepada lulusan SMU, lulusan Madrasah Aliyah, dan sekolah lain yang sederajat, mahasiswa pindahan/lanjutan, dan mahasiswa alih program untuk bergabung dengan Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI. Lulusan Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI diharapkan mampu menerapkan ilmunya yang dipelajari, dapat diserap di dunia kerja, dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.

Lulusan Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI diarahkan mampu : berpikir ilmiah secara analitis dan kritis; mencapai kemahiran berbahasa secara utuh, yaitu mahir mendengar, berbicara, membaca, menulis dan mengaplikasikan bahasa asing yang dikuasainya ke dalam kemampuan di bidang teknologi informasi (TI). Menyediakan tenaga pengajar profesional, dosen tamu dan praktisi di bidang psikologi dan pendidikan. Menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga atau universitas di dalam maupun di luar negeri. Membekali mahasiswa Fakultas Psikologi & Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia dengan 7 keterampilan (7 elemen dasar), yaitu kemampuan berbahasa asing, kemampuan Teknologi Informasi (TI), kewirausahaan, kepemimpinan, keislaman, dan kemampuan manajerial dan networking. Menggunakan kurikulum yang kompetitif. Fakultas Psikologi & Pendidikan mengedepankan sistem pembelajaran efektif dan menarik, dengan metode pembelajaran terkini. Memberikan motivasi dan arahan serta mengembangkan kreasi berfikir serta kemampuan kebahasaan yang tinggi bagi para mahasiswa untuk siap memasuki persaingan global di era informasi saat ini. Diantara bentuk perkuliahan yang digunakan adalah:

  1. Diskusi
  2. Ceramah
  3. Presentasi
  4. Simulasi
  5. Bedah dan telaah kasus
  6. Studi Analisis
  7. Kuliah Umum dengan pakar
  8. Dosen tamu
  9. Kunjungan dan praktek lapangan
  10. dll

 

Bimbingan Akademik

Setiap mahasiswa dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Akdemik untuk merencanakan studinya selama menuntut ilmu di Fakultas Psikologi & Pendidikan. Dosen ini diposisikan tidak hanya sebagai pembimbing dibidang akademik, tapi lebih dari itu, seorang dosen Pembimbing Akademik juga dijadikan sebagai orang tua, mitra dan kawan bagi mahasiswa dalam memecahkan dan mencarikan solusi dari permasalahan yang mereka dihadapi, kapan dan dimanapun mahasiswa membutuhkannya.

 

Aktifitas Kemahasiswaan & Alumni

Fakultas Psikologi & Pendidikan sangat memotivasi seluruh mahasiswanya dalam hal yang bersifat akademik maupun ekstra kulikuler untuk mengasah kemampuan mahasiswa sesuai dengan peminatan yang mereka kuasai, seperti peningkatan kemampuan mereka dalam kemahiran berbahasa melalui kelompok-kelompok kecil, pendalaman ilmu agama, kepemimpinan, seni dan budaya, perlombaan, olah raga dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan atas prakarsa Keluarga Mahasiswa Fakultas Psikologi & Pendidikan sendiri dan juga antara Keluarga Mahasiswa Program Studi. Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Psikologi & Pendidikan bukan saja dididik melalui jenjang akademik, tapi juga dibina melalui kegiatan ekstra kulikuler yang terstruktur. Fakultas Psikologi & Pendidikan juga mencoba dan berusaha memberikan kesempatan kepada para alumni untuk bekerja di berbagai bidang yang ada melalui relasi pihak Fakultas dan Universitas, sehingga para lulusan tetap ada keterikatan dengan almamaternya.