skip to Main Content

Webinar Strategi Meningkatkan Karya Mahasiswa Yang Beretika dan Berkualitas Sebagai Wujud Ilmu Alamiah, Amal Ilmiah

  • uai

Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H yaitu pada tanggal 29 Oktober 2020, Direktorat Etika Kebangsaan dan Ke-Al Azhar an (DEKK) Universitas Al Azhar Indonesia baru saja mengadakan Webinar yang bertemakan “Strategi Meningkatkan Karya Mahasiswa Yang Beretika dan Berkualitas Sebagai Wujud Ilmu Alamiah, Amal Ilmiah”. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Agus Surono, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor I Universitas Al Azhar Indonesia, dalam sambutannya Beliau mengharapkan generasi penerus agar senantiasa menanamkan nilai etika dan semangat belajar yang berkualitas kedepannya. Sebelum menutup sambutannya, Wakil Rektor I UAI juga sangat mengapresiasi acara yang digagas oleh DEKK dan Perpustakaan Universitas Al Azhar Indonesia.

Setelah sambutan dari Prof. Dr. Agus Surono, S.H., M.H. acara dilanjutkan dengan keynote speech oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. Selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam penyampaiannya, Beliau menjelaskan pentingnya literasi informasi bagi setiap mahasiswa maupun generasi penerus. Saat ini dunia sudah memasuki era yang serba canggih, oleh karena itu setiap individu juga harus bersiap dalam menghadapi era terbarukan ini. Terakhir dalam keynote speech dari Rektor Universitas Al Azhar Indonesia ini menyampaikan bahwa dibutuhkan strategi yang tepat dalam membuat atau menyiapkan karya bagi bangsa Indonesia kedepannya.

Selanjutnya terdapat pemaparan materi oleh Nuril Hidayah, M.A. selaku Praktisi MAFINDO dengan tema “Etika Sosial Dalam Media : Menghindari Berita Hoaks”, Dalam pemaparannya Beliau mengingatkan sebagai generasi muda kita harus membantu masyarakat dalam menganalisis yang mana berita benar dan mana yang berita kurang benar. Terakhir Pemaparan dari Praktisi MAFINDO ini, terdapat suatu hal penting dalam berselancar di media sosial. Hal penting tersebut merupakan penekanan dan implementasi etika dalam mengakses media yang kita pilih. Kemudian materi dari Rifda Jilan S., S.Hum. Selaku Pustakawan UAI dengan tema “Mengutip Bukan Mengutil”. Dalam penyampaian materi kedua ini dijelaskan bahwa pentingnya cara mengutip dari sumber yang benar. Karena di era serba digital ini, semakin mudah untuk mengakses informasi atau pengetahuan yang kita butuhkan. Maka dari itu, Rifda Jilan S., S.Hum mengingatkan dan menyampaikan tata cara yang benar saat kita akan mengutip suatu informasi dari sumber yang tengah kita gunakan.

Kemudian acara pun berlanjut dengan pemaparan materi oleh Dr. Fokky Fuad, SH., M.Hum. Selaku Dosen Magister Ilmu Hukum UAI dengan tema “Peningkatan Ekonomi Generasi Milenial Melalui Produk HKI”. Dalam pemaparannya Beliau menjelaskan mengenai kondisi ekonomi di era sekarang ini, dan pentingnya suatu inovasi dari generasi milenial agar dapat membantu mendorong perekonomian dengan adanya penciptaan produk. Sebelum menutup pemaparannya, Dr. Fokky Fuad, SH., M.Hum mengajak kepada seluruh generasi milenial agar mau berkontribusi maksimal serta menciptakan inovasi baru demi terciptanya kemajuan bangsa.

Pemaparan materi dari para narasumber berlangsung dengan sangat baik, dan sebelum acara berakhir terdapat sesi tanya jawab antara pembicara dengan peserta. Antusias dari para peserta juga luar biasa, berbagai pertanyaan muncul mengenai topik yang didiskusikan pada hari ini. Semoga materi yang disampaikan oleh para pembicara dapat bermanfaat bagi semua orang yang hadir serta dapat diimplementasikan dengan baik di masa yang akan datang.

Back To Top