skip to Main Content

Assalaamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh,

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang berdiri tahun 2000, merupakan institusi pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Perguruan tinggi dengan enam fakultas ini menjadikan UAI kampus kompetitif dan memiliki peminat cukup besar di Kota Jakarta. Salah satu fakultas yang diminati adalah Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPsP) yang menaungi empat Program Studi yaitu; Psikologi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kehadiran UAI sejak 21 tahun silam diharapkan mampu mewujudkan kualitas pendidikan yang berbasis pada enterprising university sebagaimana postulat yang dimiliki universitas ini. Hal tersebut diimplementasikan dengan melaksanakan sistem pendidikan yang unggul (excellent), sistem nilai yang baik (equity), dan sistem manajemen yang mandiri (entreprenuership). Tiga pendekatan ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan terbaik dan membuka jalan bagi rintisan akreditasi internasional pada tataran global.

Untuk mendukung hal tersebut, Fakultas Psikologi dan Pendidikan UAI berdiri di barisan terdepan dalam menghadapi tuntutan zaman terutama memasuki era society 5.0 ini.  Banyak tantangan dan konstelasi global yang harus dilakukan di era ini, termasuk oleh Program Studi sebagai gerbang utama mempersiapkan SDM unggul. Lulusan FPsP diharapkan mampu menerapkan ilmunya yang dipelajari, dapat diserap di dunia kerja, dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.

Identitas lulusan Program Studi di FPsP memiliki kekhasan masing-masing. Prodi Psikologi menyiapkan sarjana psikologi yang mengintegrasikan dengan nilai-nilai Islam guna memenuhi kebutuhan bidang psikologi yang makin meningkat. Prodi PG PAUD mempersiapkan sarjana pendidikan yang mampu mengembangkan program PAUD di masyarakat dengan wawasan keislaman. Prodi BKI menawarkan salah satu bentuk konseling Islami yang kekinian dan berbeda dengan pendekatan konseling konvensional. Prodi PAI menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang menguasai bidang agama Islam secara komprehensif dan etika profesional.

Oleh sebab itu FPsP berupaya mengikuti perubahan dalam dunia pendidikan serta terus meningkatkan mutu pendidikan dengan cara meningkatkan kualitas dosen, melengkapi fasilitas pendidikan, menyesuaikan kurikulum, serta menghadirkan program-program inovasi sebagai kegiatan unggulan. Budaya edukasi insan akademika FPsP yang menyatu dengan lingkungan Masjid Agung Al Azhar ini,  didasarkan pada prinsip memuliakan ilmu pengetahuan dan nilai religius yang diharapkan menjadi aspek penting perubahan masa depan para sarjana. Sebab di masa mendatang mereka dapat menjadi insan cerdas cendekia, berakhlak Islami dan memahami ethical practice secara benar sehingga mampu bersaing secara kompetitif.

Akhirul kalam, website ini memuat berbagai informasi tentang FPsP, seperti profil setiap Program Studi, visi misi, sistem pendidikan, dan pencapaian prestasi. Dijelaskan pula profil singkat kurikulum, distribusi mata kuliah, peminatan, dan perspek karir. Selain itu diinformasikan tentang kegiatan mahasiswa, webinar, program beasiswa, kerjasama dalam dan luar negeri, dan kegiatan akademik lain di lingkungan FPsP.

Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh,

Dr. Zirmansyah

FASILITAS

Untuk meningkatkan kualitas akademik dan penyiapan ke arah profesionalisme mahasiswa, FPsP menyediakan sarana penunjang akademik berupa,

  1. Laboratorium Bahasa;
  2. Lembaga Konseling dan Psikologi Terapan Islam (LKPTI) sebagai tempat praktik konseling mahasiswa dan pelayanan psikologis kepada masyarakat;
  3. Laboratorium Microteaching ber-SNI dan lembaga-lembaga pendidikan di bawah Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar sebagai tempat praktikum mahasiswa PG-PAUD dan PAI;
  4. Laboratorium Psikologi yang terdiri dari laboratorium psikodiagnostik dan eksperimen;
  5. Laboratorium konseling dan psikoterapi yang dapat dimanfaatkan bersama oleh Program Studi Psikologi, PG PAUD, BKI dan PAI.
  6. Laboratorium Komputer dan Teknologi Informasi, untuk menunjang perkuliahan hybrid learning dan sistem e-learning;
Back To Top